kliping berita

Icon

Just another WordPress.com site

Surat Terbuka Rieke: Tagih Janji Kesehatan Jokowi

Selasa, 24 Maret 2015, 19:13 WIB | 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka mengirim surat terbuka pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia meminta Jokowi menepati janji kampanyenya terkait kesehatan rakyat.

Surat ini dilayangkan menyusul adanya beberapa pasien yang meninggal karena tidak jelasnya jaminanan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Dalam surat terbukanya, Rieke memaparkan aturan Undang-Undang No.40 tahun 2004 Pasal 22 dan penjelasannya.

“Kecuali urusan kosmetik, semua biaya preventif, promotif, kuratif harus ditanggung. Undang-Undang No. 40/2004 juga mengatur, obat, rawat inap, rawat jalan, tindakan, termasuk cuci darah, dan lain-lain wajib ditanggung tidak boleh dibebankan ke pasien,” tulis Rieke dalam suratnya, Selasa (24/3).

Dalam suratnya Rieke juga menjelaskan, jika dana BPJS tidak memungkinkan untuk membiayai, sesuai konstitusi, kas negara harus menanggung. “Jangan bilang kosong, buktinya dikorupsi bisa triliunan,” ujar Rieke dalam suratnya.

Rieke berharap pemerintah bisa  mengalokasikan anggaran kesehatan untuk penambahan alat kesehatan yang sesuai kebutuhan rumah sakit, khususnya rumah sakit pemerintah. “Berdasarkan Undang-undang Kesehatan, pemerintah wajib mengalokasikan anggaran kesehatan untuk pelayanan rakyat (di luar gaji), 5% dari total APBN, 10% dari total APBD,” tulis Rieke. 

 

Advertisements

Filed under: Kesehatan, Politik,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: