kliping berita

Icon

Just another WordPress.com site

Komentar Kontroversial Qaddafi

Jumat, 21 Oktober 2011 14:37 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI – Mantan pemimpin Libya, Moammar Qaddafi, merupakan sosok eksentrik dengan komentarnya yang meledak-ledak. Ia berteriak lantang saat berbicara tentang Amerika, demokrasi dan teroris. Nada itu tak berubah saat ia berbicara tentang Islam dan Arab Saudi.

Qaddafi salah satunya menghina Amerika dengan menyebutnya,”Sialan Amerika.” Qaddafi juga menyebut Israel sebagai sebuah fenomena kolonialis-imperialis.

Berikut pernyataan Qaddafi seperti dikutip mirror.co.uk, Jum’at (21/10) :

1. Tentara anda telah menggulingkan kaum pembangkang, terbelakang dan korup. Dengan satu serangan, anda telah menggulingkan dan menghancukan simbol dalam satu momen. Sampai sekarang, Libya tetap merdeka dan berdaulat dalam bentuk Republik Arab Libya. Tidak tertindas, tertipu atau dirugikan.

Tidak majikan atau budak, tapi bebas berbaur dalam persaudaraaan dan kesetaraan Insya Allah. Dengan itu, kami membangun kemuliaan, menjaga warisan peninggalan dan membela diri. Anak-anak suku Badui, padang pasir, kota-kota kuno, pedesaan, waktu telah tiba. Jadi, mari maju bersama.Siaran radio, Benghazi (1 September 1969)

2) Tidak ada yang lebih memuaskan saya. Tapi, siapa lagi yang akan memompa minyak yang kita butuhkan? Sialan Amerika. (Maret 1973)

3) Kebebasan manusia akan terganggu apabila seseorang mengkontrol apa yang ia butuhkan. Saat memenuhi kebutuhan itu, maka apa yang terjadai adalah manusia diperbudak manusia. Buku Hijau (1975)

4) Mengapa kita harus lebih dekat ke Soviet? Karena, Amerika telah menantang kami. Amerika terlibat dalam konspirasi melawan dunia Arab. Terutama karena kebijakannya terhadap Israel.

Dalam pandangan kami, siapapun yang melawan Amerika itu berdiri bersama kami. Musuh dari musuh anda adalah teman Anda. Time (9 April 1979)

5) Israel adalah sebuah fenomena kolonialis-imperialis. Tidak ada satu pun di dunia ini seperti orang Israel. Sebelum 1948, geografi dunia tahu bahwa tidak ada negara seperti Israel. Israel adalah hasil dari invasi dan agresi. Time (9 April 1979)

Jumat, 21 Oktober 2011 14:49 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI – Mantan pemimpin Libya, Moammar Qaddafi, merupakan sosok eksentrik dengan komentarnya yang kontroversial. Qaddafi salah satunya menghina Amerika dengan menyebutnya,”Sialan Amerika.”

Dalam pernyataan lainnya, Qaddafi menyebut Negeri Paman Sam melakukan praktik terorisme. Tapi, Qaddafi juga menyebut Amerika sebagai orang yang baik. Berikut pernyataan Qaddafi seperti dikutip mirror.co.uk, Jum’at (21/10):

1) Kami percaya Amerika mempraktekkan semua jenis terorisme terhadap Libya. Bahkan, tuduhan bahwa kita terlibat dalam terorisme itu sendiri merupakan aksi terorisme. Time (8 Juni 1981)

2) Ketika saya bertemu Nasser, dia berkata kepada saya,”Saya melihat diri saya ketika saya masih muda di dalam diri kamu. Anda adalah masa depan untuk revolusi Arab..” Ini sangat sangat berarti banyak untuk saya. (3 Agustus 1986)

3) Lincoln adalah orang yang menciptakan dirinya tanpa bantuan dari orang luar atau lain. Aku mengikuti perjuangannya. Saya melihat kesamaan tertentu antara dia dan aku. (3 Agustus 1986)

4) Amerika adalah orang baik. Mereka tidak berniat melawan kita dan mereka seperti kita layaknya kita seperti mereka. Aku menyukai mereka..

Saya tahu mereka merupakan masyarakat yang kompleks. Sebagian orang Amerika tidak tahu tentang dunia luar. Mayoritas tidak punya keprihatinan dan tidak ada informasi tentang orang lain. Mereka tidak bisa bahkan menemukan Afrika pada peta.

Saya pikir Amerika yang baik. Tetapi, Amerika akan diambil alih dan dihancurkan dari dalam oleh lobi Zionis. Amerika tidak melihat ini. Mereka mengalami kemunduran. Zionis akan menggunakan ini untuk menghancurkan mereka. (3 Agustus 1986)

5) Perempuan harus dilatih untuk berperang di rumah, menyiapkan sabuk peledak dan meledakkan diri mereka bersama tentara musuh. Siapapun yang memiliki kendaraan harus siap dan tahu cara menginstal bahan peledak. Lalu, mereka mengubahnya menjadi bom mobil.

Kita harus melatih perempuan untuk menempatkan bahan peledak di mobil dan meledakkan mereka di tengah-tengah musuh. Meledakkan rumah-rumah sehingga mereka dapat menghancurkan tentara musuh.

Perangkap harus disiapkan. Anda telah melihat bagaimana musuh memeriksa bagasi. Kita harus menyiapkan koper agar meledak saat dibuka. Perempuan harus diajarkan untuk menempatkan ranjau di lemari, tas, sepatu, mainan anak-anak sehingga mereka dapat meledakan tentara musuh. (4 Oktober 2003)

Jumat, 21 Oktober 2011 15:10 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI – Mantan pemimpin Libya, Moammar Qaddafi, sering kali melontarkan pernyataan yang menyerang Amerika Serikat. Qaddafi juga bicara soal Islam dan ekonomi.

Dalam sebuah pernyataannya, Qaddafi berbicara soal Pepsi dan Coca Cola. Dia juga mengklaim dirinya sebagai imam Muslim.

Berikut pernyataan Qaddafi seperti dikutip mirror.co.uk, Jum’at (21/10):

1) Tidak ada negara dengan demokrasi di seluruh bumi, kecuali Libya. Universitas Columbia (23 Maret 2006).

2) Kami memiliki 50 juta Muslim di Eropa. Ada tanda-tanda bahwa Allah akan memberikan kemenangan Islam di Eropa tanpa pedang, tanpa senjata, dan tanpa penaklukan. Eropa akan berubah menjadi benua Muslim dalam beberapa dekade. Pidato (10 April 2006).

3) Hanya ada satu agama, yakni Islam, setelah Muhammad… Semua orang percaya yang tidak mengikuti Islam adalah pecundang.. Khotbah di Niger (30 Maret 2007).

4) Setiap kali saya bertanya tentang Pepsi-Cola atau Coca-Cola, orang langsung mengatakan itu adalah minuman Amerika atau Eropa. Ini tidak benar. Kola adalah Afrika.

Mereka telah mengambil bahan baku murah dari kami. Mereka memproduksi, mereka membuatnya menjadi minuman, dan mereka menjualnya kepada kami untuk harga tinggi.

Mengapa Pepsi-Cola dan Coca-Cola mahal? Karena, mereka telah mengambil kola kami, diproduksi, dan menjualnya kembali kepada kami. Kita harus memproduksi sendiri dan menjualnya kepada mereka. Pidato di Conakry, Guinea (25 Juni 2007).

5) Saya adalah seorang pemimpin internasional. Saya adalah dekan para penguasa Arab, raja para diraja Afrika dan imam Muslim. Status internasional saya tidak mengizinkan saya untuk turun ke tingkat yang lebih rendah.

Keterangan: pernyataan Qaddafi setelah menghina Raja Abdullah dari Arab Saudi dan diputus mikrofonnya (30 Maret 2009).

Jumat, 21 Oktober 2011 15:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,TRIPOLI – Mantan pemimpin Libya, Moammar Qaddafi, merupakan sosok eksentrik lewat penampilan dan komentarnya. Dia salah satunya berbicara tentang kematiannya sendiri.

Berikut pernyataan Qaddafi seperti dikutip mirror.co.uk, Jum’at (21/10):

1) Perjuangan kulit hitam telah sukses mengalahkan rasisme. Tuhan yang menciptakan warna. Obama, putra dari Kenya dan seorang putra Afrika, telah berhasil di Amerika Serikat. Pernyataannya saat menutup pidato sambutannya di KTT Uni Afrika (4 Februari 2009).

2) Perompak Somalia adalah respon terhadap negara-negara Barat yang serakah menyerbu dan mengeksploitasi sumber daya air Somalia secara ilegal. Ini bukan pembajakan, itu adalah pertahanan diri. Itu adalah aksi melindungi anak-anak Somalia. Keterangan di markas Uni Afrika (5 Februari 2009).

3) Saya tidak akan meninggalkan negeri ini. Aku akan mati sebagai seorang martir di akhir. Aku akan tetap menjadi penantang. Muammar adalah Pemimpin Revolusi sampai akhir waktu. Pidatonya di televisi (22 Februari 2011).

4) Kami akan bertarung di tiap-tiap lembah, di setiap jalan, di setiap oasis, dan setiap kota. Kami tidak akan menyerah lagi, kami bukan perempuan, kami akan terus berjuang. Rai TV (1 September 2011).

5) Aku memanggil pria dan wanita Libya untuk pergi ke alun-alun dan jalan-jalan di semua kota. Pergi dengan damai dan berani. Bangkit, pergi ke jalanan, dan mengibarkan bendera hijau kita ke langit. …

Jangan takut pada siapa pun. Anda adalah orang-orang terpilih. Anda memiliki hak di sisi anda. Anda adalah orang-orang yang sah dari tanah ini. Rai TV (20 September 2011).

Redaktur: Didi Purwadi

Reporter: Agung Sasongko

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/10/21/ltenuc-komentar-kontroversial-qaddafi-amerika-sialan-1]

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/10/21/lteoev-komentar-kontroversial-qaddafi-amerika-adalah-orang-baik-2]

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/10/21/ltepd5-komentar-kontroversial-qaddafi-saya-adalah-imam-muslim-3]

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/10/21/ltept3-komentar-kontroversial-qaddafi-saya-mati-sebagai-martir-4]

 


Advertisements

Filed under: Tokoh, ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: